TELAGA
TELAGA
TELAGA adalah layanan Telemedicine Puskesmas Kebumen Tiga, sebuah layanan konsultasi dan pengobatan via online dari Puskesmas Kebumen III dengan tujuan mendekatkan akses layanan dan memudahkan jangkauan masyarakat. Telaga dapat di akses di nomor WA 0812-2840-2318.
Latar belakang :
Tingginya kasus terinfeksi dan kematian akibat Covid-19 menyebabkan masyarakat takut untuk berkunjung ke pusat pelayanan kesehatan karena dianggap sebagai episentrum penyebaran Covid-19. Selain itu, berdasarkan anjuran Pemerintah dalam upaya pencegahan penularan wabah penyakit juga dilakukan dengan meminimalisir kunjungan masyarakat yang sifatnya non-urgensi ke fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit (RS), Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Klinik Swasta, dll. Oleh karena itu, Pemerintah menghimbau kepada seluruh tenaga kesehatan (meliputi dokter, dokter spesialis, dokter gigi, dokter gigi spesialis dan dokter subspesialis) yang paling berisiko tinggi tertular dan masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan telemedicine.
Salah satu permasalahan yang terjadi di Puskesmas Kebumen III adalah belum optimalnya pelayanan telemedicine kepada masyarakat umum. Saat ini pelayanan telemedicine hanya dilakukan untuk pasien yang terkonfirmasi Covid-19 sedangkan pasien non Covid-19 harus datang langsung ke Puskesmas untuk berobat.
Melihat kondisi tersebut, perlu dilakukan pemecahan isu agar masyarakat umum juga dapat memanfaatkan layanan telemedicine dengan melakukan optimalisasi pelayanan telemedicine dengan TELAGA (Telemedicine Kebumen Tiga) di Puskesmas Kebumen III.
Output :
- Terlaksananya inovasi TELAGA sesuai dengan standar
Outcome :
- Meningkatnya kemudahan akses pelayanan kesehatan Puskesmas Kebumen III kepada masyarakat
- ?Banyaknya masyarakat yang menggunakan fasilitas TELAGA
Alur Layanan Telaga
- Pasien mendaftar melalui nomor WA
- Petugas menghubungi pasien selesai jam pelayanan dengan video call
- Jika memerlukan pengobatan, maka obat bisa diambil ke Puskesmas atau diantar dengan kesepakatan jasa layanan antar